FT Unila Gelar Konferensi Internasional ICCTEIE ke-1 Tahun 2021

Fakultas Teknik Universitas Lampung (FT Unila) menyelenggarakan International Conference on Converging Technology in Electrical and Information Engineering (ICCTEIE) 2021 dengan tema “Converging Technology for a Sustainable Society”

Konferensi internasional ICCTEIE 2021 diadakan secara daring/virtual melalui videoconference di Gedung TIK Universitas Lampung berlangsung selama dua hari pada 27-28 Oktober 2021.

Mewakili Rektor, Bidang Kemahasiswaaan dan Alumni Prof. Dr. Yulianto, M.Si, membuka Konferensi Internasional ICCTEIE ke-1 Tahun 2021. Ia menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan perdana Konferensi Internasional ICCTEIE ini, negara-negara ikut berpartisipasi seperti United Kingdom, Jepang, Taiwan, Nigeria, Italia, dan Australia. “Dengan Keikutsertaan mereka, akan menjadi wadah dalam transfer ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang teknik elektro dan teknik Informatika, ” tambah Prof.Yulianto.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Drs. Ir. Suharno, M.S., M.Sc, Ph.D., IPU., ASEAN.Eng. mengutarakan mengenai bidang keilmuan yang dicakup oleh ICCTEIE 2021 adalah Teknik Elektro dan Tenik Informatika. “Kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya teknik, memaksa kita untuk menjadi yang terbaik di bidangnya. Acara ICCTEIE 2021 ini menyediakan platform yang baik bagi para peneliti, ilmuwan, dan seluruh komunitas keteknikan untuk bertukar ide tentang teknik elektro, teknik kendali, elektronika, telekomunikasi, teknik komputer, sistem cyber-fisik, informatika, energi berkelanjutan serta bidang terkait dan aplikasinya.” jelas Prof. Suharno.

Terkait acara, Ketua Panitia, Khairudin, Ph.D.Eng. menyampaikan bahwa konferensi internasional ICCTEIE 2021 berlangsung selama dua hari dari tanggal 27 sampai dengan 28 Oktober 2021, di mana selain Indonesia juga menghadirkan narasumber dari 4 negara lainnya seperti Inggris, Jepang, Taiwan, dan Australia. Merupakan kebanggaan terhadap capaian ICCTEIE 2021, karena lebih dari 40 peserta internasional menyampaikan hasil penelitian yang dilakukannya.

Terdapat dua sesi Keynote, yang pertama dimoderasi oleh Dr. Lukmanul Hakim dengan tiga orang Keynote Speaker, Dr Laksana Tri Handoko, M.Sc., Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Ir. Bob Saril, M.Eng.Sc., Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN, Prof. Yasunori Mitani, rektor Kyushu Institute of Technology, Jepang.

ICCTEIE Yasunori Mitani

Kemudian sesi Keynote kedua dimoderasi oleh Dr. Herman H. Sinaga dengan tiga orang Keynote Speaker, Prof. Prashant Pillai, University of Wolverhampton, Inggris, Prof. Jing-Ming Guo, National Taiwan University of Science and Technology, Taiwan, Dr Daniel Eghbal, Manager Future Network Strategy at Energy Queensland Australia and Australia Council Chair Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.