Peluncuran Mobil Listrik Universitas Lampung

Mobil Listrik Unila 1

13 Januari 2022 – Sebagai wujud komitmen Universitas Lampung (Unila) dalam mensukseskan kampus berkelanjutan, Unila telah meluncurkan produk purwa-rupa mobil listrik yang secara khusus dirancang oleh Tim Teknik Mesin Unila. Acara peluncuran ini dilaksanakan di halaman depan Gedung Rektorat Unila dan dibuka secara resmi oleh Rektor Unila Prof. Karomani serta dihadiri oleh para petinggi Unila.

Mobil Listrik Unila 1

Mobil listrik berwarna biru ini bernama lengkap Electric Vehicle Unila 01 (E.V.U. 01), memiliki bobot sebesar 400 kg, memiliki 2 baris tempat duduk yang mampu membawa 4 orang, menggunakan baterai sebagai sumber daya dengan daya tampung sebesar 3KWh, didukung oleh panel surya sebagai pemasok daya sekunder. Mobil ini dapat menggerakkan beban hingga 1,5 ton, dan dalam satu kali pengisian daya dapat bertahan hingga 2-3 jam dengan jarak tempuh 100-150 km, serta memiliki kecepatan tertinggi sebesar 45kpj. Selain itu, sebagai bentuk dukungan terhadap aspek keberlanjutan, mobil ini menggunakan material yang berkelanjutan dengan memanfaatkan serat bambu, sawit, serta ijuk sebagai bahan dalam pembuatan rangka dan bodi mobil.

Electronic Vehicle Unila 01

Hadirnya mobil listrik ini juga sejalan dengan pencapaian SDG 12 tentang produksi dan konsumsi berkelanjutan terutama konsumsi energi, serta SDG 13 mengenai isu perubahan iklim. Rektor Unila menyatakan Unila semakin menempatkan posisinya dalam pencapaian agenda global tersebut, dan menegaskan kembali bahwa Unila memiliki komitmen yang kuat dalam mewujudkan kampus berkelanjutan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.